Tag

, ,


Colonnade Speed Test

Bismillah, Alhamdulillah, setelah sekian lama nggak tersentuh ada juga bahan untuk ditulis di blog ini.

Mungkin ada yang pernah atau sedang mengalami kasus dimana koneksi Internetnya di Linux jauh lebih lambat daripada koneksi di Windows. Belakangan ini saya juga mengalami nasib serupa dimana koneksi Internet di Linux ternyata jauh lebih lambat daripada koneksi di Windows.

Setelah mencari referensi di beberapa forum, akhirnya ketemu juga beberapa solusi untuk menyelesaikan masalah ini. Permasalahan yang sering terjadi yakni Maximum Transmission Unit (MTU) pada NIC terkadang di reset oleh dhcpcd ketika melakukan koneksi ke suatu jaringan. Kasus serupa terjadi dalam jaringan yang saya gunakan, MTU pada NIC wireles hanya sekitar 500. Sehingga kecepatan yang didapatkan pun dibawah rata2 kecepatan normal koneksi ketika menggunakan Windows.

Ada beberapa cara untuk menanggulangi masalah ini yakni dengan cara menaikkan MTU secara manual dan mencegah agar dhcp tidak me-reset MTU pada NIC card kembali ke angka yang kecil. Untuk mencegah agar dhcp tidak secara otomatis mengubah MTU ini caranya yakni dengan menjadikan baris option interface_mtu pada file /etc/dhcpcd.conf sebagai komentar.

...
# Most distributions have NTP support.
option ntp_servers
# Respect the network MTU.
option interface_mtu
...

menjadi:

...
# Most distributions have NTP support.
option ntp_servers
# Respect the network MTU.
#option interface_mtu
...

Selanjutnya, mtu pada nic card perlu diubah agar kecepatan kembali normal. Untuk menaikkan nilai MTU ini dapat dilakukan dengan menggunakan perintah ifconfig.

root# ifconfig wlan0 mtu 1500
root# ifconfig eth0 mtu 2000

Alhasil, kecepatan koneksi Internet kembali normal seperti koneksi di Windows. Selamat mencoba.

Sumber/referensi:https://bbs.archlinux.org/viewtopic.php?pid=975463
http://forums.funtoo.org/viewtopic.php?id=522
http://en.wikipedia.org/wiki/Maximum_transmission_unit