Tag

, , , ,


Awalnya sih kurang sadar ketika membuka CD game di Linux, Logo device CDROOM yang biasanya bergambar CD kok berubah menjadi gambar senjata (seperti Icon Gamenya). Akhirnya saya coba iseng-iseng mengcopy beberapa file (Autorun.inf dan file logo.ico) yang ada dalam CD tersebut ke dalam salah satu mount point drive yang ada di KomPi. Setelah drive tersebut saya remount, ternyata gambar drive yang tadinya bergambar hardik berubah seperti icon yang ter-copy barusan.

Prinsip penggantian icon Device ini kemungkinan sama dengan di Windows, yakni menggunakan file Autorun.inf. Berikut adalah contoh isi file Autorun.inf:

[autorun]

open=autorun.exe

icon=autorun.ico

Nah, yang kita butuhkan disini cukup cuma icon saja.

Pada contoh berikut saya akan mencoba mengubah icon Drive hardisk yang ada di komputer.

menjadi 

Langkahnya:

  • Mount partisi yang akan diberi icon,
  • Siapkan gambar apa saja yang mau dijadikan icon,

  • Jika diperlukan edit dengan menggunakan Gimp atau Inkscape, agar dapat mensupport transparansi, simpan file dalam format *.png atau *.gif.
  • Simpan gambar dalam resolusi yang kecil saja misal 600x600px atau lainnya (jika terlalu besar, loading ketika membuka browse file akan menjadi lambat), ke dalam mount directory Partisi atau drive yang akan diberi icon (misal /dev/sda5 dengan mount point ke /media/Data, maka simpan file ke direktory /media/Data).

  • Buat sebuah file dengan nama Autorun.inf kemudian ketikkan:

  • Jika sudah, remount partisi tersebut (umount kemudian mount kembali). Jika tidak ada kendala, maka icon drive tersebut akan berganti dengan gambar yang icon yang kita inginkan.

Contoh tampilan di Nautilus.


Tips:

– Untuk membuat file gambar ter-hidden, simpan file dengan prefix (awalan) “.” (tanda titik tidak memakai petik). Misalnya .icon.png, atau .gambar.png